Menu

Kreasi Mie Instan Enak Dan Bergizi

Oktober 1, 2016 | Tips

Kreasi Mie Instan Enak Dan Bergizi. Siapa sih orang Indonesia yang nggak suka mie instan? Dari kalangan tua, muda, hingga anak-anak pasti gemar menyantap hidangan yang mudah dibuat ini. Apalagi anak kost. Mie instan menjadi pilihan waktu sedang malas makan di luar atau saat uang bulanan sudah mulai menipis.Kreasi mie instan juga bermacam- macam.

Hujan-hujan emang paling lengkap kalau ditemani mie instan. Makanan yang tergolong dalam menu cepat saji ini menjadi yang paling praktis dengan rasa yang sudah dijamin pasti enak bagaimana pun kita memasaknya. Mau itu mie kuah atau pun goreng rasanya sedap disantap kala musim hujan.

Nah supaya kamu ngga bosan dengan menu mie instan yang gitu-gitu aja, berikut 9 resep mie instan penuh kreasi yang bisa kamu coba di rumah dan melengkapi nuansa musim hujan kamu.

Masalahnya, kita pasti bakal bosan kalau mie instan yang kita makan dihidangkan dengan cara yang itu-itu aja. Buat mengakali rasa bosan ini kami akan membagikan kreasi mie instan dengan cara pengolahan yang mudah. Nilai plusnya? Beberapa olahan di bawah ini juga menambah nilai gizi mie instan kamu!

Kreasi mie instan pertama yang akan jadi teman cocok saat hujan adalah mie tek-tek. Namun yang ngga biasa, mie tek-tek kali ini akan terasa sedikit asam dengan wangi limau yang akan membuat kita semakin tergoda.

kreasi-mie-instan-enak-dan-bergizi

Kreasi Mie Instan Yang Gak Lagi Membosankan

Mie Tek-Tek Asam Limau

Mie tek tek adalah olahan mie sebagai makanan khas dari daerah Purwodadi Jawa Tengah yang mempunyai rasa khas. Berbicara mengenai kuliner Indonesia tidak akan ada habisnya, karena setiap daerah di nusantara ini memiliki makanan khasnya masing-masing. Pada kali ini kami akan membagikan resep mie tek tek.Kali ini mie tek- tek ini menggunakan mie instan jadi ini adalah salah satu Kreasi Mie Instan.

Bahan yang diperlukan:
1 bungkus mie instan rasa soto
5 siung bawang merah
½ buah tomat merah
½ buah jeruk limau
10 buah cabai (cabai rawit dan cabai keriting sesuai selera)
1 butir telur
5 butir bakso atau sosis
¼ buah kol
Minyak goreng secukupnya

Cara pembuatan:

  • Didihkan air lalu masukkan mie hingga setengah matang lalu tiriskan
  • Panaskan minyak sedikit di wajan lau tumis bawang dan cabai
  • Masukan telur lalu orak-arik dan kemudian bakso atau sosis serta kol tumis bersamaan
  • Tambahkan air dan tunggu sampai setengah mendidih
  • Masukan mie yang sebelumnya telah direbus setengah matang beserta bumbu instan yang terdapat dalam mie
  • Tambahkan pula garam, daun bawang dan tomat sesuai selera kemudian aduk rata
  • Sajikan dalam piring dan tambahkan bawang goreng sebelum disantap

Mie Rebus SuJu (Susu Keju)

Wow! Kamu penggemar korea? Atau fans super junior? Mungkin kamu akan tertarik menikmati hujan bersama kreasi mie instan yang satu ini ditambah satu album full lagu super junior. Yaa walaupun kreasi mie instan ini ngga ada hubungannya dengan super junior tapi boleh lah kita intip cara pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:
1 bungkus mie instan kuah (disarankan kari atau soto)
500 ml susu cair (disarankan yang tidak terlalu manis)
1 butir telur
Kornet dan keju secukupnya

Cara pembuatan:

  • Rebus mie instan bersama dengan telur hingga matang lalu tiriskan
  • Panaskan susu lalu tuangkan ke dalam mangkuk berisi mie
  • Masukan bumbu mie instan
  • Tambahkan keju dan kornet sesuai selera

Ifu-Mie Instan

Mie yang masuk dalam golongan makanan negeri bambu ini bisa lho kamu kreasikan dengan menggunakan mie instan. Lebih mudah tanpa mengurangi rasa enaknya dan pastinya bisa ikut menghangatkan badan di musim hujan. Seperti apa resepnya?

Bahan yang diperlukan:
1 bungkus mie instan kuah
1 buah wortel iris miring
3 buah bakso di belah 4
5 buah udang ukuran sedang (boleh diganti ayam atau cumi-cumi)
½ siung bawang merah
½ suing bawang putih
¼ bawang bombay
5 buah cabai (sesuai selera)
3 sendok makan minyak goreng

Cara pembuatan:

  • Rebus mie hingga setengah matang lali tiriskan
  • Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, tunggu hingga harum
  • Masukan udang/ayam/cumi-cumi aduk hingga merata
  • Masukan irisan cabai dan daun bawang
  • Tambahkan bumbu mie instan dan wortel
  • Beri sedikit air dan tunggu sampai mendidih
  • Masukan mie yang sebelumnya telah direbus, aduk merata dan tunggu sampai mendidih.

Mie Soun Goreng

Dilema makan mie instan, kalau satu bungkus kurang sedangkan dua bungkus kebanyakan. Iya ngga? Nah untuk mengakali kegalauan macam itu kamu bisa membuat mie soun goreng. Dijamin porsinya PAS! Berikut cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan:
1 bungkus mie instan goreng
100 gram soun
50 gram buncis
50 gram wortel
3 siung bawang putih
¼ bawang Bombay
½ sendok teh minyak ikan
¼ sendok teh minyak wjien
1 sendok makan kecap manis
2 sendok makan mie goreng
¼ bumbu penyedap
Bawang goreng secukupnya

Cara pembuatan:

  • Rebus mie dan soun secara terpisah lalu tiriskan
  • Panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih, bawang Bombay hingg harum
  • Tambahkan minyak ikan, minyak wijen, dan kecap manis
  • Masukan mie dan soun beserta bumbunya ke dalam wajan, kecilkan api lalu aduk hingga merata
  • Potong wortel dan buncis lalu rebus dan tiriskan
  • Sajikan mie soun goreng ke piring dengan wortel dan buncis sebagai pemanis

mie-kari-jagung-manis

Kreasi Mie Instan Mie Kari Jagung Manis

Siapa yang suka jagung? Karena tak selamanya jagung itu dibakar maka kamu bisa juga mencampurkan jagung manis ke dalam mie instan. Seperti resep berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:
1 bungkus mie instan kari kental
5 buah bakso
1 buah jagung
1 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 cabai rawit
½ sendok makan minyak goreng

Cara pembuatan:

  • Sisir jagung hingga menyisakan butir-butirannya
  • Potong bakso pipih-pipih
  • Rebus mie hingga setengah matang lalu tiriskan
  • Panaskan wajan kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya sudah dicincang lalu disusul cabai
  • Masukan bakso dan jagung ke dalam tumisan
  • Masukan mie beserta bumbu ke dalam wajan, kecilkan api dan aduk hingga rata.
  • Sajikan dalam piring dan tambahkan telur rebus sebagai hiasan

Kreasi Mie Instan Stik Mie Mozarella

Kalau yang kuah-kuah udah, nah sekarang adalah olahan mie instan yang dibuat menjadi kudapan alias cemilan. Tadaaa tadaaaa Stik Mie Mozarella. Bisa jadi tips menghilangkan stress dalam segala suasana dengan kenikmatannya. Gimana cara pembuatannya? Yuk cus!

Bahan yang diperlukan:
1 bungkus mie instan
8 batang keju mozzarella
1 butir telur
50 gram tepung
Susu dan garam sesuai selera

Cara pembuatan:

  • Remas mie instan hingga hancur tidak halus
  • Campurkan telur dan susu ke dalam mangkuk aduk hingga merata
  • Siapkan tepung di mangkuk terpisah
  • Celupkan keju mozzarella ke dalam adonan telur dan susu, lalu gulingkan ke dalam mie yang telah remuk dan tutupi dengan tepung
  • Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan
  • Sajikan dalam piring saat panas dan tambahkan saus sebagai bumbu pelengkap

Scotel Mie Kukus

Eits jangan berprasangka buruk dulu. Bikin scotel mie kukus ini ngga sesulit yang dibayangkan kok. ngga percaya? Gini nih resepnya..

Bahan yang dibutuhkan:
1 bungkus mie instan
100 ml susu cair
1 sendok makan tepung terigu
1 butir telur
1 buah tomat
1 buah ayam bagian dada
2 buah sosis
1 buah wortel
Garam, lada, keju sesuai selera

Cara pembuatan:

  • Masak air dalam magic com kurang lebih 5-10 menit
  • Rebus mie lalu hingga matang lalu tiriskan
  • Seduh susu dengan air panas 100 ml dan campurkan dengan tepung terigu
  • Potong tomat dan wortel dalam ukuran dadu
  • Potong sosis tipis
  • Suwir ayam yang sebelumnya telah dikukus
  • Campurkan mie instan beserta bumbu dengan isian bahan (ayam, sosis, tomat dan wortel), jangan lupa tambahkan garam dan lada sesuai selera
  • Tuangkan adonan susu dan terigu yang telah dicampur sebelumya
  • Pindahkan scotel ke wadah yang tahan panas lalu taburi keju diatasnya sebagai topping
  • Kukus scotel dalam magic com selama 15-20 menit
  • Scotel siap disajikan dan disantap selagi hangat.

mie-instan-dan-asal-usulnya

Mie Instan Dan Asal Usulnya

Mi instan adalah mi yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu – bumbu yang sudah ada dalam paketnya.

Mi instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mi instan pertama di dunia Chicken Ramen (ramen adalah sejenis mi Jepang) rasa ayam. Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mi dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemasan mi adalah wadah styrofoam tahan air yang bisa digunakan untuk memasak mi tersebut.

Inovasi berikutnya termasuk menambahkan sayuran kering ke gelas, melengkapi hidangan mi tersebut. Menurut sebuah survei Jepang pada tahun 2000, mi instan adalah ciptaan terbaik Jepang abad ke-20, (Karaoke di urutan kedua dan CD hanya di urutan ketiga). Hingga 2002, setidaknya ada 55 juta porsi mi instan dikonsumsi setiap tahunnya di seluruh dunia.

Kandungan Gizi Mie Instan

Saat ini, mungkin setiap orang Indonesia pernah mengkonsumsi mie instan. Cara memasak yang praktis dan rasanya yang gurih membuat semua orang mudah untuk menyukainya. Tak heran, mie instan menjadi camilan/makanan favorit banyak orang.

Begitu disukainya mie instan, saat ini Indonesia menjadi negara dengan konsumsi mie instan terbesar di dunia. Untung saja produk yang dikonsumsi adalah produk dalam negeri. Coba kalau produk impor, berapa devisa yang harus keluar untuk impor komoditi yang satu ini?

Tapi di balik rasa yang gurih dan nikmat itu, apakah ada kandungan gizi yang cukup? Isu kandungan gizi mie intan memang telah lama mengemuka. Kajian yang dilakukan memang menunjukkan fakta, kandungan gizi mie instan tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Menimbang Kandungan Gizi Mie Instan

Mie, seperti juga mie yang lain, terbuat dari bahan dasar terigu. Kandungan gizi terigu, hampir semua rang tahu, adalah karbohidrat. Hanya saja dalam proses pembuatannya, ditambahkan juga lemak, vitamin dan mineral. Dan kandungan kalori mie instan adalah 300-420 kkal.

Selain karbohidrat, komponen lemak juga mempunyai porsi yang besar, yaitu 4-8 gr. Dan perlu lebih diperhatikan lagi, kandungan lemaknya adalah lemak jenuh alias lemak jahat. Kandungan sebesar itu mempunyai nilai sekitar 40 persen dari seluruh kebutuhan lemak per hari.

Bagaimana dengan kandungan vitamin dan mineral? Adanya vitamin dan mineral karena adanya proses fortifikasi, yaitu penambahan gizi yang diperlukan tubuh. Tapi untuk soal jumlah yang mencukupi, pecayalah, jumlahnya sangat sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan tubuh meski makan 3 porsi per hari.

Tapi satu yang pasti adalah kandungan garam yang sangat tinggi pada mie instan. Jumlah kandungan garam dalam satu porsi mie instan lebih dari 40 persen dari kebutuhan harian tubuh, yaitu sebesar 2400 mg, menurut standar WHO. Kandungan garam yang tinggi inilah yang pelu diwaspadai, terutama oleh penderita darah tinggi.

Satu hal lagi adalah kandungan gluten. Karena terbuat dari terigu, maka mie instan mengandung gluten. Pada penderita penyakit celiac (Celiac Disease), mengkonsumsi mie instan berarti mengundang masalah, karena tubuh tidak dapat mencerna mie tersebut dengan baik.

Dengan kata lain, mie instan bukanlah makanan yang baik, karena tidak mengandung gizi yang seimbang dan mencukupi. Sesekali menikmati semangkuk mie boleh-boleh saja. Tiap tiap hari? Jelas tidak sehat.

Mitos Mie Instan

Begitu populernya mie instan hingga beredar mitos dan anggapan salah kaprah. Berikut adalah rangkuman mitos tersebut.

Mie Instan Terbuat dari Karet

Ini adalah anggapan yang tidak berdasar, dan membuat saya tetawa geli. Hanya karena tekstur mie instan yang kenyal, lalu dianggap terbuat dari karet. Tekstur kenyal mie karena adanya gluten, suatu jenis protein yang memberikan tektur kenyal. Gluten terdapat dalam makanan yang terbuat dari gandum. Termasuk mie, karena terigu, bahan dasa mie merupakan olahan dari gandum.

Mie Instan Mengandung Pengawet Berlebih

Banyak bahan pengawet yang tersedia untuk makanan. Dan ada aturan disertai pengawasan yang cukup ketat dari BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) mengenai penggunaan bahan-bahan ini pada makanan. Dan selama ini bahan pengawet yang digunakan dalam mie instan telah dinyatakan dalam batas-batas aman.

Selain itu keawetan mie instan juga disebabkan oleh tehnik deep frying. Dengan tehnik ini, terjadi sterilisasi dan pengurangan kadar air sehingga mie menjadi lebih awet.

Mie Instan Mengandung Lilin

Ketika direbus, dalam air akan terlihat adanya bercak minyak. Bercak minyak tersebut bukan berasal dari lilin, namun dari minyak sisa deep frying. Tehnik pengawetan ini adalah tehnik penggorengan menggunakan minyak panas. Jadi dalam mie, masih terdapat sisa minyak hasil proses deep fying tersebut.

Air Rebusan Mie Sebaiknya Dibuang

Banyak yang mempercayai bahwa dengan membuang air rebusan mie dan kemudian menggantinya dengan yang baru berarti lebih sehat. Alasannya, bahan pengawet dan lemak akan terbuang. Ada benarnya, tapi tak sepenuhnya benar. Dengan membuang air rebusan, berarti juga membuang mineral dan vitamin hasil dari proses fortifikasi. Selain itu, tujuan mengurangi kadar lemak tidak sepenuhnya tepat, sebab lemak terbesar adalah yang berasal dari bumbu penyedap. Akan lebih baik jika minyak dalam bumbu penyedap tersebut tidak digunakan. Ini akan mengurangi jumlah lemak dalam jumlah yang signifikan.

Kandungan MSG dalam Mie Instan Terlalu Tinggi

Benar bahwa bumbu mie instan mengandung MSG, namun masih dalam jumlah yang aman. Selain itu efek MSG pada kesehatan juga masih dalam perdebatan. Dan sampai saat ini, MSG masih dinyatakan aman untuk digunakan. Namun ada perkecualian. Pada beberapa orang, penggunaan MSG dapat memicu migrain. Nah untuk orang yang seperti ini, MSG jelas sangat mengganggu kesehatan.

Seperti halnya mengkonsumsi nasi, mie instan sebaiknya tidak dikonsumsi dalam bentuk kosong alias tanpa penambahan apa-apa. Untuk memperoleh asupan gizi berimbang, mie instan sebaiknya dikonsumsi dengan tambahan sayur (sumber serat) atau telur, daging, dan atau sumber protein lainnya.

 

 

Artikel terkait Kreasi Mie Instan Enak Dan Bergizi